Rabu, 8 Agustus 2018 – Telah diadakan kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan pembuatan pakan ternak di Desa Klabang Kecamatan Tegalampel yang diadakan oleh mahasiswa KKN Universitas Jember . Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran peternak di Desa Klabang dalam mengelola sumber pakan ternak agar dapat memenuhi kebutuhan pakan di Desa tersebut. Kegiatan pelatihan tersebut ikut mengundang beberapa dosen dari Universitas Jember sebagai pemateri.

 

Kegiatan sosialisasi tersebut terdri dari dua sesi. Sesi pertama yaitu sesi materi yang kemudian langsung dilanjutkan sesi berikutnya yaitu pelatihan pembuatan pakan ternak. Metode yang digunakan yaitu metode Amoniasi dan Silase. Metode Amoniasi yaitu proses fermentasi yang memanfaatkan urea. Sedangkan Silase yaitu dengan memanfaatkan bakteri untuk memfermentasi bahan pakan sehingga dapat meningkatkan protein didalamnya.

Sumber daya untuk pakan ternak di Desa Klabang cukup melimbah karena mayoritas petani di Desa tersebut menanam jagung yang merupakan sumber pakan yang sangat baik untuk hewan ternak. Oleh sebab itu, perlu adanya pengelolaan yang baik untuk mengatasi permasalahan kurangnya pakan dimusim kemarau. Adanya pelatihan tersebut dapat meningkatkan kualitas pakan dan ketersediaannya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *